Home » » Korea Selatan tak sebesar pulau Jawa

Korea Selatan tak sebesar pulau Jawa

 Sebenarnya sebesar apa sih Korea Selatan itu sampai bisa sangat terkenal? Ternyata luas wilayahnya lebih kecil daripada Pulau Jawa, yaitu hanya sekitar 100.210 kilometer persegi. Sementara luas Pulau Jawa sekitar 126.700 kilometer persegi.

Mengutip buku Bujet Pas-pasan, Keliling Korea 60 Hari? Bisa!, jumlah penduduk Korea Selatan juga berbeda jauh dengan Pulau Jawa. Pada 2010, jumlah populasi Korea Selatan sekitar 48,8 juta jiwa. Bandingkan dengan jumlah penduduk Pulau Jawa hingga bulan Agustus di tahun yang sama mencapai 137,7 juta jiwa.

Jika Indonesia memiliki beragam suku dan budaya, di Korea Selatan hanya ada satu suku. Sebanyak 99 persen penduduknya beretnik Korea. Orang Korea menyebut masyarakatnya dan-il min guk ga yang artinya masyarakat satu ras. Jadi tak mengherankan jika keragaman dan warisan budayanya juga tidak sebanyak Indonesia.

Menurut buku yang ditulis Sansan Hasjim ini, kebanyakan orang Korea Selatan tidak beragama. Sisanya beragama Buddha, Protestan, Katolik, dan lain-lain. Penganut Islam di Korea kurang dari 0,1 persen. Jumlah ini sama seperti penganut Konfusianisme dan Cheondoisme.

Lima kota terbesar di Korea Selatan adalah Seoul, Busan, Incheon, Daegu, dan Daejon. Soal kecepatan akses internet, Korea Selatan jadi juaranya. Di negara ini, kecepatan koneksi Internetnya mencapai 12 sampai 21 megabita per detik.

0 komentar:

Post a Comment

ONGOING

BIODATA

LIFESTYLE

Popular Posts

 
Copyright © 2014 MEY ENTERTAINMENT
Blogger Templates