Home » » Berkunjung Ke Nami Island

Berkunjung Ke Nami Island

Jika Anda berlibur ke Korea Selatan, mungkin ini adalah salah satu tujuan wisata yang wajib untuk dikunjungi. Nami Island, atau Pulau Nami ini tentu sudah sangat akrab di telinga, terutama bagi pencinta drama Korea. Nami, pulau dengan pohon-pohonnya yang khas memang terlihat sangat indah dan romantis pada musim salju, terletak di area Bendungan Cheongpyeong, di wilayah Chuncheon-si, Gangwon-do. Pulau mungil berdiameter 6 kilometer dan luas area sekitar 460.000 m2 ini, berbentuk setengah lingkaran atau seperti sebuah mangkok.

Nami Island sendiri memperoleh namanya yang diambil dari nama salah satu pahlawan Korea Selatan, yaitu Jenderal Nami. Makam sang jederal juga berada di pulau ini. Namun nama pulau ini menjadi semakin populer sebagai objek wisata setelah digunakan untuk shooting serial drama “Winter Sonata” yang dibintangi Bae Yong-jun dan Choi Ji-woo. Saya masih ingat sekali waktu “Winter Sonata” mulai merambah Asia, termasuk Indonesia, teman-teman perempuan saya yang menyukai artis Korea begitu tergila-gilanya dengan Bae Yong-jun. Sejak drama yang diproduksi pada tahun 2002 ini meledak, begitupun pengunjung yang datang ke Nami Island.

Kebetulan saya tidak bertandang ke pulau ini pada saat musim salju. Sehingga yang saya nikmati adalah kehijauan yang membentang di sekeliling Pulau Nami. Saat itu saya datang pada akhir pekan, sehingga tak heran jika pulau ini lumayan terasa sesak dengan pengunjung. Tapi saya akhirnya berhasil menemukan spot yang agak sepi, berjalan keliling pulau dan menikmati ketenangan, menyusuri jalan setapak yang berada di pinggir danau.

Satu sisi indah Nami Island, dimana Anda dapat mencari ketenangan

Anda dapat menyewa perahu kayuh, untuk menikmati danau di sekitar Nami Island
Berkunjung ke Nami Island, Tempat Wisata Paling Populer di Korea Selatan

Memang Nami Island sangat lekat dengan image “Winter Sonata”, di seputar pulau ini berbagai lokasi yang pernah digunakan untuk shooting akan diberikan tanda khusus dan keterangan mengenai adegan dalam serial yang diabadikan di tempat tersebut, termasuk patung dari pemeran utamanya. Tapi bagi saya yang memang tidak pernah menonton "Winter Sonata", kunjungan ke Nami adalah karena terdorong oleh rasa penasaran dan ingin tahu seperti apa sih, pulau yang paling populer di Korea Selatan ini.

Sore itu saya sedang jalan-jalan mengunjungi Gyeongbok Palace di Seoul, tiba-tiba teringat kalau besoknya punya rencana untuk ke Nami, dan belum sempat untuk datang ke kantor perwakilan Naminara Republic. Begitu melihat jam tangan, sudah mendekati pukul 5 sore dan sepertinya tidak terkejar jika harus pergi ke daerah Insadong, dimana kantor tersebut berada. Akhirnta saya memutuskan untuk menelpon ke kantor tersebut dan kaget juga begitu mendengar bahwa bus yang setiap harinya berangkat dari Insadong itu sudah penuh dan baru ada bangku yang kosong pada hari Senin, atau 2 hari kemudian. Tapi sebelum saya menyerah dan menutup telpon, tiba-tiba di seberang sana mengatakan jika untuk 2 orang ternyata masih ada bangku. Tentu saja saya sangat senang! Dan dikatakan besok paginya saya tinggal menuju ke bus yang menanti di Tapgol Park.

Perjalanan dari Seoul menuju ke Nami memakan waktu sekitar 1,5 jam. Bus Naminara Republic, dimana memang yang disediakan hanya satu bus setiap harinya, berangkat pada pukul 09.30 pagi. Sekitar pukul 11 siang kami sampai di Dermaga Gapyeong. Disini kita harus menuju loket untuk mengabil ‘visa’ alias tiket untuk masuk ke Naminara Republic. Ya, memang lucu juga Nami ini dianggap sebagai sebuah negara sendiri, negeri khayalan. Setelah membeli tiket dan jajan jagung rebus, kami menuju ke kapal feri yang akan membawa menyeberangi Sungai Han, selama kurang lebih 10 menit saja. Kapal feri ini dihiasi dengan berdera dari berbagai negara di seluruh dunia.

Disini kita harus menuju loket untuk mengabil ‘visa’ alias tiket untuk masuk ke
Gerbang untuk memasuki 'negeri khayalan', Naminara Republic

Untuk masuk ke Nami harus membayar tiket atau istilahnya <em>Visa Entry</em> seb
Tiket atau 'Entry Visa' masuk ke Naminara Republic (Nami Island)

Selain memorabilia seputar “Winter Sonata”, pulau ini memang cukup menarik untuk dikunjungi. Bagaikan negara sendiri, pada saat kita memasuki pulau, di bagian depan juga ada sebuah bangunan kecil yang merupakan sebuah bank, dimana kita bisa menukarkan Won dengan mata uang negara Naminara ini. Juga sebuah papan besar yang berisi sambutan “Welcome To Naminara Republic”. Di kiri-kanan jalan terdapat berbagai papan ucapan selamat datang, termasuk yang dari Indonesia. Naminara benar-benar sebuah negara kecil yang menjunjung persahabatan dengan semua negara-negara di dunia.

Keterangan tentang Indonesia pun hadir di Nami Island. Selamat datang!
Tentang Indonesia pun ada di Nami Island. Selamat datang!

CARA MENUJU KE NAMI ISLAND

DENGAN KERETA API
Beberapa hari sebelumnya, teman saya ada yang ke Nami dengan menggunakan kereta api dari Cheongyangni Train Station yang berada di Seoul, menuju ke Gapyeong Train Station yang tidak berapa jauh dari Nami Island. Perjalanan dengan kereta akan memakan waktu sekitar 75 menit. Dari stasiun Gapyeong, perjalanan dilanjutkan dengan taxi menuju ke Dermaga Gapyeong. Tarif taxi sekitar 3.000 Won.

DENGAN KERETA ITX
Kini juga telah dibuka jalur baru kereta ITX (Intercity Train eXpress) dengan rute dari Yongsan Station di Seoul ke Chuncheon, propinsi Gangwon-do. I officially tried the new ITX Cheongchun line to Nami Island. Anda bisa naik dari Yongsan Station(Line 1, warna biru tua) atau dari Cheongyanni Station (Line 1, warna biru tua/Jungang Line).

Perjalanan dari Cheongyanni Station ke Gapyeong Station (stasiun terdekat dari Nami Island) kurang lebih memakan waktu sekitar 45 menit, sementara dari Yongsan Station akan lebih lama lagi. Tiket kereta ITX ini adalah 5.700 Won. Nanti tinggal melanjutkan naik taxi ke Nami Island dari Gapyeong Station.

DENGAN SHUTTLE BUS
Seperti telah saya ceritakan sebelumnya, saya memutuskan untuk naik Naminara Republic Shuttle Bus. Setiap hari bus berangkat dari samping Tapgol Park / Pagoda Park pada pukul 09.30 pagi dan kembali dari Nami Island pada pukul 16.00. Untuk ikut bus Naminara Republic ini kita harus membayar tiket bus PP seharga 15.000 Won, dan nanti untuk masuk ke Nami harus membayar tiket atau istilahnya Visa Entry sebesar 8.000 Won untuk wisatawan asing. Sementara bagi warga Korea harus membayar tiket seharga 10.000 Won.

Untuk pemesanan dan pembelian tiket shuttle bus dan Nami Island hubungi:
Naminara Republic Seoul Office
Alamat: Gallery Sang 157, Lantai 3, Insa-dong, Seoul
Tel: 02-753-1247 (menelpon di Korea) atau +82-2-753-1247 (dari luar Korea)
Email: namibus@naminara.com

Catatan:
- Sebaiknya hubungi beberapa hari sebelumnya, terutama jika pergi di akhir minggu.
- Pembayaran bisa dilakukan dengan transfer bank, atau cash yang nanti akan diberikan langsung kepada pengemudi bus.

Cara untuk ke Tapgol Park / Pagoda Park di Insadong:
- Naik Line 1, 3 atau 5 ke Jongno 3 (sam)-ga Station dan keluar dari Exit 1, jalan lurus sampai ketemu Tapgol Park / Pagoda Park.
- Naik Line 1 ke Jonggak Station dan keluar dari Exit 3, jalan lurus menuju Tapgol Park, dimana Anda akan melihat bus-bus yang parkir di sampingnya.

Akhirnya rasa penasaran saya terbayar sudah, berkunjung ke tempat wisata paling populer di Korea Selatan, Nami Island. Walau sampai detik ini saya belum sempat menyaksikan satu episode pun dari "Winter Sonata", tapi saya juga bisa menikmati pulau yang menarik ini.